Startup Resume

By // No comments:
Pengin cerita dikit, ngga penting sih sebenere, cuman pengin cerita saja.
Sekarang kayaknya lagi ngehit dan ngetrend yang namanya StartUp. Kalau saya sendiri sebenere gak ngerti secara pasti apa itu StartUp, itu perusahaan, orang kumpul-kumpul, orang nyari duit atau ntah apalah, cuman yang saya tahu hal kek gituan sebenere udah ada dari dulu dulu dan dulu, cuman mungkin baru nemu namanya sekarang.
Seperti yang saya bilang saya ngga ngerti secara pasti apa itu StartUp, cuman kalau saya boleh mendeskripsikan, StartUp itu sebuah kegiatan yang dikelola secara profesional, ada produk, ada legal formal dan ada organisasinya, jadi Toko Komputer yang di kelola secara profesional buat saya bisa juga dikatakan sebagai StartUp, Kalau bilang StartUp adalah perusahaan baru atau kegiatan yang baru gak juga, Cyanogen juga bukan orang kemarin, kok banyak yang nyebut mereka StartUp.
Trus sebenere apa sih yang seksi di startup kok sepertinya perusahaan2 dengan duit tanpa seri sangat tersobsesi untuk bisa membeli, meng-akuisi dan lain sebagainya ?. ya yang bikin seksi sebenere ya organisasi tersebut. Startup tidak hanya bilang masalah programming dan produk, mereka sudah bilang masalah legal formal dan management. Kalau cuman bikin aplikasi auto-login dengan teknologi suara sih orang2 di Google palingan butuh waktu hitungan hari bisa bikin, tetapi kenapa mereka membeli startup asal israel, atau cuman aplikasi untuk pengenalan wajah orang2 di facebook juga pasti gampang bikin itu, cuman kenapa facebook juga beli startup yang punya produk tersebut ?. Jadi intinya bila perusahaan besar membeli sebuah startup, pertimbangan mereka tidak hanya produk yang di butuhkan tetepi juga mempertimbangkan masalah kesehatan perusahaan tersebut dan management perusahaan tersebut, jadi ketika Google atau Facebook atau semacemnya membeli, mereka sudah tidak pusing lagi untuk ngurusin tetek bengek gak perlu. Jadi ketika udah di beli ya udah mereka udah jalan sendiri dan produktif tanpa banyak campur tangan dari sang pembeli.
Terus sebenere kapan waktu terbaik untuk memulai sebuah startup ?. Buat saya waktu terbaik adalah ketika mahasiswa semester 3 atau 4, karena pada dasarnya mahasiswa IT semester tersebut seharusnya sudah menguasai semua dasar pengembangan produk berbasis IT, karena yang saya tahu semester 1 dan 2 di UAD sudah memberikan dasar yang cukup baik.
Saya ingat bener dulu sekitar 3 atau 4 tahun lalu ketika mencoba merintis kegiatan yang saya lakukan sekarang (meski saya tidak bilang saya bagian dari Startup, cuman karena seringnya dapat undangan via email acara2 Startup mungkin juga mereka menganggap demikian) susah banget nyari orang, dan sampai hari ini saya masih sendirian. Nyari orang yang mau investasi tenaga untuk create sebuah produk, ngurusi legal formal, pajak dslb susah minta ampun. Mereka maunya di bayar bulanan. Lah gimana mau bayar bulanan ?, pendapatan saja blom pasti wong masih pada masa create produk, blom ada yang bisa dijual. Itulah kenapa saya bilang Mahasiswa adalah waktu yang tepat untuk membangun Startup, karena Mahasiswa sebagian besar masih netek ama orang tua, waktu mereka banyak, blom punya tanggungan anak istri dslb yang intinya, bangun tidur melek saja sudah langsung bisa mikir "Apa yang harus saya selesaikan hari ini ?" atau "Saya harus bertemu dengan siapa hari ini ?".
Trus sebenere apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah startup ?. Yah karena saya pada dasarnya gak tahu apa itu startup, jadi ntah lah, tetapi menurut saya yang dibutuhkan adalah : Pertama Organisasi itu sendiri, jadi harus lebih dari satu orang jangan hanya sendirian, legal formal dan managemen. Selain sisi formal di sisi teknis paling tidak menurut saya harus menguasai programming. Karena buat saya omong kosong, ada orang bikin startup jualan baju, tetapi aplikasinya beli, dia sendiri gak bisa coding (diboongin ama orang mah percaya). Kuasai paling tidak 2 bahasa pemrograman, bahasa sistem macam C/C++ atau assembly dan bahasa aplikasi macam C#,Java. Karena untuk bikin aplikasi yang solid, kita tidak bisa hanya mengandalkan frontend yang mudah di bangun dengan bahasa macam C# atau java untuk dipakai pengguna, kita juga harus masuk ke bagian backend yang banyak dibangun menggunakan C/C++ plus assembly macam kaya Sistem Operasi, daemon, service system dslb.
Saya hari ini punya 2 produk, Absensi Elektronik untuk PNS, Sekolah, dan Umum tapi sepertinya yang paling siap yang untuk PNS, dan Firmware Raspi untuk Home Cloud, semacam file server lah, tapi yang ini kurang terurus, karena waktu yang susah untuk develop systemnya. Untuk Absensi Elektronik, sepertinya akhir tahun ini atau awal tahun depan udah mulai ngerakit alat absensinya sendiri, sisi sistem software sudah selesai di bangun, tinggal uji coba.
Yahhh jadi seperti itu. Gak penting sih, cuman mungkin bisa untuk bacaan buat bikin ngantuk tongue emoticon

Hitungan Amal yang salah yang lagi ngetrend

By // No comments:
Ndak ngerti kenapa itungan di gambar tersebut jadi ngetrend sekali di sosial media 2 hari ini. Padahal kalau kita runut balik dan hitung ya jelas metode perhitungannya salah. Nggak nyambung sama sekali sisa kembalian di itung dari atas ke bawah. Harusnya itungan yang betul kek gini

RAISA Pacaran ?

By // No comments:
Ahh.... apa ???. Saya sebagai penggemar RAISA kaget membaca berita katanya RAISA pacaran dengan TULUS. Ah, masa hanya gegara kesamaan genre musik trus mereka PACARAN, Enak banget klo kek gitu. :P.
Kalau kaya gitu caranya sih saya besok mau rekaman dengan Genre yang sama ama The Virgin, biar sekalian bisa pacaran ama 2 Cewek :D

Pengadaan UPS Yang Ntahlah

By // No comments:

Iseng-iseng ngisi pagi pengin nulis bentar, mencurahkan isi hati,. Ok lah ini masih masalah UPS, cuman saya pengin melihat dari sisi yang lain, karena beneran saya gak punya kapasitas untuk menilik dari sisi benar atau salahnya.
Saya cuman merasa agak gak enak hati ama bapak koto atau siapa lah kemarin yang ngetewet dan di share kembali ama pks piyungan. Keknya dari kemarin itu sampe tadi malam masih banyak yang nge-bully (atau mungkin bahasa yang lebih halus sanggahan) atas pernyataannya tersebut. Apalagi saya juga sempat membaca battle head to head antara Bapak koto dengan Kepala Satuan Divisi Troll bengkel Sesat (sabar ya pak, tuh orang emang gitu Jahat bingits), membuat saya harus berpikir "Kok sampe gitu banget yak". Tapi santai saja pak, di dunia maya kena Troll atau kena Bully itu biasa, jangan patah semangat. Saya juga pernah kena Troll meskipun aslinya lebih sering saya yang nge-Troll atau nge-Bully. Cumin kalau bapak mbaca tulisan saya ini, kalau boleh saya pengin pesen 2 hal pak.
1. Kalau cuman berlatar belakang Kelistrikan, ngga usah terlalu menggebu komentar tentang pengadaan lah pak. Asli ilmunya jauh pisan lah. Sumpah lah yakin.
2. Jangan sampai Del Post. Kalau Del Post bakalan malu banget sumpah lah. Wis pokokenya apapun itu jangan sampai del post. Jangan kek kaya gerup sebelah itu, klau yang sebelah itu mah urat malunya udah putus.
Wis pokoke kek gitu saja pak. maju terus pokokenya tetep semangat.

OSX dan Linux Paling Rentan Kena Virus

By // 1 comment:
(diambil dari http://winpoin.com/)

Apah ?. Judulnya ini pasti salah judulnya..!!!! yak emang, saya mah kalau bikin judul suka-suka saja lah mau "Perawan Bohay", atau "Janda Genit", atau "Janda Suka Isep Jempol Kaki" gak ada masalah. Cuman ya memang kali ini saya ingin coba menulis sedikit pengetahuan saya tentang hak hek hok, meskipun saya sendiri sebenere gak bisa hak hek hok.
Saya tertarik untuk mengangkat materi tentang OS Paling Vulnerabilities karena ntah kenapa di salah satu geruf di facebook masih rame mebicarakan materi ini. Jadi ya pengin saja lah nulis-nulis asal, meskipun yakin sebenere saya gak melakukan riset sama sekali tentang materi ini. Saya cuman nulis asal saja sepanjang pengetahuah saya selama ini pegang komputer ngelus-elus komputer (lah ngelus istri kapan nich ?).
Jadi gini (ini menurut saya loh), setelah sedikit melakukan penelusuran, data tersebut diambil dari sebuah web yang menyediakan sumber daya data tentang pelaporan bug yang ditemukan di sebuah sistem, baik OSX, Linux, Windows atau aplikasi-aplikasi lain. Dan menurut saya data tersebut valid, meskipun masih ada juga yang mempertanyakan validasi data tersebut dengan banyak sekali alasan, tapi buat saya data tersebut valid, paling tidak The Hacker News ama ZDNet juga menampilkan informasi yang sama, dan buat saya ke 2 site tersebut cukup kredibel.
Selanjutnya dan sebenere dan seharusnya akan timbul sebuah pertanyaan "Apakah kerentanan itu bisa di exploitasi secara remote atau local atau bagaimana sebenere cara melakukan exploitasi pada bug tersebut ?". Dari sepengetahuan saya memang banyak bug yang di exploitasi dan tidak di publish atau paling tidak di publish setelah banyak yang tahu bug tersebut, tetapi banyak juga bug yang ketika di temukan langsung di publish dan pihak yang terkait bisa langsung melakukan perbaikan. Jadi pada dasarnya bug tersebut belum tentu bisa di exploitasi (secara mudah). Seperti bug di Windows yang beberapa waktu lalu ditemukan, hanya dengan merubah 1 bit saja (konon ceritanya) kita bisa mendapatkan hak akses administrator. Ok saya udah lihat videonya, dan saya percaya, tetapi pertanyaan selanjutnya "Bagaimana caranya kita melakukan exploitasi bug tersebut ?". Ok kalau kita pegang komputer yang bersangkutan kalau kita tahu caranya mungkin kita bisa dengan mudah melakukan exploitasi, itupun akan butuh beberapa aplikasi mungkin binary editor, atau olly atau aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengetahui bit yang harus di rubah dan melakukan perubahan yang dibutuhkan.
Saya sendiri sebenere beberapa kali menemukan bug atau apalah namanya yang jelas dengan sedikit trik kita bisa melakukan hal yang seharusnya tidak bisa dilakukan. Sebagai contoh, sekitar 1 tahun yang lalu ketika masih asik mainan FTP untuk ngirim-ngirim data backup, saya pernah gak sengaja menemukan cara untuk mengakses semua data di drive sampai dengan ke /root directory, saya menemukan bug tersebut di Distro Ubuntu Server (lupa versinya) dengan FTP Server vsftpd (lupa juga versinya), tapi ya gak pernah tak publish lah ngapain juga. Beberapa waktu lalu saya juga menemukan cara untuk mengakses seluruh drive di Windows Server (yang tak coba 2008, 2008 R2, 2012) secara remote melalui MS SQL Server (yang tak coba 2008 R2, 2012) dan tidak pernah saya publish juga buat apa bikin capek saja.
Jadi buat saya sih intinya, bug-bug tersebut belum tentu bisa di exploitasi, atau paling tidak untuk melakukan exploitasi butuh resource yang gak gampang, dan butuh waktu dan keadaan yang memungkinan, yang,...... pastinya Hacker-Hacker Pro akan mempertimbangkan untung dan ruginya kalau ingin meng-exploitasi sebuah bug. So..... gak usah pada ribut lah, wong loe loe pade juga bukan yang bikin, tinggal kita ikuti infonya, kita perbaiki sistem kita kalau memang membutuhkan perbaikan.
Yaaa keknya sampe di sini dulu, semoga selamat sampai tujuan

Tulis Nama atau Tanda Tangan ?

By // No comments:
Memang tak akui udah lama banget ngga bikin tulisan-tulisan gak jelas di Label Guoblog, jadi sekalinya udah nge-blog kembali, ada banyak banget hal yang pengin saya tulis dan saya bagi meskipun masih tetep gak bermutu sama sekali.
Kali ini saya ingin bercerita tentang kejadian yang bikin sewot, kejadian tersebut teringat kembali karena kemarin ada temen yang minta IDM-nya (Internet Download Manager) dibenerin karena kena fake serial setelah melakukan update IDM, terus pas lihat tulisan saya dia komentar "Wan,..... tulisanmu asih tetep elek bae" :P.
Gini,.... sebelum bercerita saya ingin membeberkan salah satu informasi rahasia dan sangat rahasia di kalangan PNS apalagi PNS muda, ganteng, dan di-galau-in kek saya iniH .:D. Kenapa saya harus repot-repot mengungkapkan sebuah rahasia penting tersebut ?, ya karena kalau tidak di paparkan, nanti cerita saya yang akan saya ceritakan akan menjadi tidak berdasar sama sekali, dan cenderung malah gak jelas.
Rahasianya ini,.... di kalangan kami (PNS muda, ceria, ganteng, dan di-galau-in) itu ada kaya seperti spesialisasi. Ada spesialiasasi rapat, upacara, diklat, dslb-dslb. Jadi kalau umpama kita rapat, maka akan ketemu ama orang itu lagi dan orang itu lagi, begitu juga kalau kita ikut upacara ya akan ketemu orang itu lagi dan orang itu lagi, sampai akhirnya saking seringnya ketemu di sebuah acara kita jadi sangat kenal dan sangat akrab meskipun tidak pernah satu kantor. Lah kalau saya sendiri, dulu waktu di Instansi pertama spesialisasi Upacara Bendera, jadi mau ada upacara di manapun dan dalam rangka upacara apapun ya saya yang datang. Lah ketika di kantor sekarang ini (tapi pada masa yang lalu) saya berganti menjadi spesialisasi rapat, wis pokoke kalau dapat disposisi yak gak jauh dari "Wakili". Tetapi kalau sekarang udah gak lagi, sekarang hidup saya udah enak, kalau rapat atau sosialisasi palingan ya Kepegawaian (karena memang tugas saya itu), Pengadaan Barang Jasa (karena saya Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa), Sistem Informasi dan Komputer (ya karena saya lulusan IT), lebih dari situ saya banyak duduk di tim cadangan,. ketika pemain asli lagi gak bisa atau berhalangan atau apapun baru saya menggantikan berangkat rapat.
Weeekkkssss..... keknya malah kepanjangan saya bercerita tentang rahasia PNS Muda dan Ganteng :D
Ok, langsung saja masuk ke pembahasan sebenernya atau cerita sebenernya. Tadi sudah di gambarkan bahwa karena saking seringnya kita sesama PNS muda ketemu, maka kadang pertemanan udah terasa saking dekatnya sampai hal-hal pribadi tidak jarang menjadi pembicaraan publik, seperti kejadian yang sebenere saya lupa kapan dan waktu pada kegiatan apa,. Intinya terjadi percakapan singkat seperti berikut :
Teman : Wann..... lagi apa ente ?
Saya : Lah lagi presensi kehadiran lah.
Teman : Lah yak nek presensi kehadiran di waca lembar formnya..
Saya : Maksudnya ?
Teman : Loeee.... kalau tanda tangan ya di kolom tanda tangan lah, jangan di kolom nama
Saya : Su..... gueH lagi tulis nama tahu ....!!!! GueH blom tanda tangan.
Teman : Ohh... loe lagi tulis nama, gueH kira loe tanda tangan
Saya : Diam dan bekata dalam hati **SUU, MUNYUK**

Ibu Hamil Cantik Manis

By // No comments:

Hehehehehe lagi pengin nulis iseng lagi nich. Ceritanya seharian ini saya ada acara di Sekretariat Daerah, pembekalan materi tentang pengadaan barang dan jasa untuk Pengadaan Langsung. Nah,... berhubung saya dulu juga ngantor di Setda maka masih banyak lah orang-orang yang saya kenal, malahan ada yang kenal dari sejak perawan sampe sekarang gak perawan lagi alias sudah menikah.
Dan kebetulan lagi (atau malah disengaja) ketemu ama temen lama yang ehhh sekarang lagi hamil, ngakunya sih baru dapat 4 bulan,. Trus iseng-iseng nyapa...
Saya : Ehhh loe hamil ?
Dia : Iya...!
Saya : Dapat berapa bulan ?
Dia : Jalan 4 bulan.
Saya : Kok kek kaya lebih dari lima bulan.
Dia : Maksudnya ?
Saya : Istri saya juga lagi hamil dapat 7 bulan, cumin berubahan badan gak terlalu drastis.
Dan..... akhirnya beberapa orang nimbrung dalam pembicaraan kehamilan tersebut, dan terjadilah pembicaraan yang kurang etis buat anak-anak. *pembicaraan berlanjut*
Orang1 (agak tahu kesehatan) : Emang sekarang istri berat badan berapa ?
Saya : Ahh gak paham saya.
Orang1 : Lah keknya tambah berat apa ndak ?
Saya : Gak tahu juga yah.....
Temen : Mana tahu Hendrawan nambah berat atau ndak, wong dia diatas terus,.
Saya : Diem sambil mbatin ****ASU***
Dan saya akhiri pembicaraan gak jelas itu dengan melenggang pergi
Powered by Blogger.