Feb 20, 2008

Dual Boot WinXP dan Tiger

Mungkin sekitar 3 hari ini saya melakukan kegiatan yang cukup bodoh, memang hanya orang bodoh yang mampu mengerjakan kegiatan bodoh. Kenapa saya bilang saya beberapa hari ini melakukan kegiatan bodoh???? jadi setiap malam dalam 3 hari belakangan saya selalu menginstall Mac OS-X Tiger 10.4.10 dan Windows XP bisa beberapa kali, dan yang pasti pada installasi terakhir saya harus install Windows XP, karena saya harus bekerja dengan Visual Studio 2005 pada siang harinya. Saya melakukan kegiatan itu tidak lain dan tidak bukan hanya ingin membuat laptop HP500 saya bisa dual boot WinXP dan Tiger 10.4.10. Akhirnya semalem impian saya tersebut terwujut, setelah mencoba cara lama yang saya lakukan di Tiger 10.4.1, atau menggunakan boot camp, sampai edit configurasi boot-nya milik windows XP gak berhasil.
Pada saat ini saya ingin sharring bagaimana membuat laptop (atau apapun lannn) bisa dual boot WinXP dan Tiger 10.4.10. Langkah-langkah yang harus di lakukan adalah :
1. BackUp semua data yang ada pada komputer yang akan di-install.
2. Masukan DVD Installasi Tiger 10.4.10 ke DVD-Rom dan boot laptop ke DVD-Rom.
3. Setelah laptop berhasil booting dengan DVD Installasi Tiger 10.4.10, pada bagian atas scren cari option Utilies, dan pilih Disk Utility.
4. Gunakan aplikasi Disk Utility untuk mempartisi Ulang Hard-Disk sehingga didapat map hardisk sebagai berikut :
Patisi Besar Format
1 21GB NTFS
2 17GB NTFS
3 17GB Mac Os Extended (Journal)
5. Setelah proses pemartisian selesai Keluar dari aplikasi Installasi Tiger, sehingga laptop akan direboot. Pada saat laptop reboot ganti DVD Installer Tiger 10.4.10 dengan CD Installer Windows XP, dan lakukan installasi Windows XP pada partisi pertama (besar partisi 21GB).
6. Setelah proses installasi Windows XP selesai, install aplikasi bernama Acronis OS Selector, dan pastikan apabila laptop reboot, sebelum masuk Windows XP anda akan melihat aplikasi Acronis berjalan dengan adanya user Interface untuk memilih OS yang akan diboot sebelum masuk ke Windows XP.
7. Proses installasi Windows XP selesai dan acronis berjalan dengan normal, boot laptop dengan DVD Installasi Tiger 10.4.10 berada pada DVD-Rom, sehingga laptop akan boot ke DVD Installasi Tiger, dan lakukan installasi Tiger seperti yang telah saya kemukakan pada tulisan saya sebelumnya.
8. Setelah proses installasi berjalan, dan selesai pada waktu laptop booting keluarkan dahulu DVD Installasi Tiger 10.4.10 sehingga laptop akan booting ke acronis boot selector, dan pilih unknown operating sistem.
9. Setelah boot melalui acronis, masukan DVD Installasi Tiger ke DVD-Rom sebelum proses booting Tiger selesai.
10.Setelah proses booting Tiger selesai, anda akan dihadapkan pada window Ciamik untuk konfigurasi laptop, dan lakukan proses konfigurasi seperti yang di inginkan.
Sekarang laptop anda telah mampu dual boot WinXP dan Tiger 10.4.10. Kalau ada masalah setelah installasi Tiger karena MBR tertimpa oleh boot manager Tiger maka lakukan
1. Booting dengan DVD Installasi Tiger 10.4.10, dan tekan F8 ketika diminta mau installasi atau boot dari Harddisk
2. Pada menu booting ketikan -v -s
3. Anda akan dihantarkan ke console Tiger dan ketikan perintah
a. fdisk -e /dev/rdisk0
b. print
c. flag 1 (jika memang windows anda ada pada partisi pertama)
d. reboot
Semoga bermanfaat

Anonymous said...

labtopnya bukan buatan mac kan ?

NR Technology said...

Aku make Laptop HP 500, bukan mac. Kalau mac sihh make boot camp saja.

Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search