Mar 17, 2008

Get active host on .Net

Beberapa hari ini saya bingung bagaimana cara mendapatkan host-host yang aktif di network saya. Pada awalnya saya pengin ngirim UDP broadcast ke network agar semua host dapat mendengar dan siapa yang mendengar bisa kirim paket ACK ke komputer saya. Tapi beberapa waktu berpikir akhirnya saya putuskan saya belum butuh fungsi semacam itu, karena saya harus create aplikasi client server, akhirnya saya putuskan untuk menggunakan fasilitas "ping" yang bisa digunakan untuk mendeteksi sebuah host apakah active atau tidak.
Fungsi GetActiveHost adalah sebuah fungsi yang saya buat untuk mendeteksi apakah sebuah IP Address aktif atau tidak, dan bila aktif fungsi akan mengembalikan nilai true.

'----------------------------begin------------------------------------
Private Function GetActiveHost(ByVal IpAddrActiveSource As String) As Boolean
If My.Computer.Network.Ping(IpAddrActiveSource) Then
'return value as true
Return True
End If

Return False
End Function

---------------------------end----------------------------------------
Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search