Nov 1, 2008

Thanks my wife

Hari ini saya mendapat pengalaman atau lebih tepatnya pelajaran berharga kenapa ?, karena hari ini saya jatuh. Menurut perhitungan kasar saya sepa
ruh dari uang yang saya tanamkan pada bisnis pulsa raib entah kemana. Memang kalau di lihat dari besarnya uang, itu uang yang benar-benar kecil, tetapi kalau dilihat dari presentase nilai modal saya, itu adalah uang yang besar.
Ceritanya pagi ini saya mengadakan inspeksi terhadap pembukuan dan perhitungan modal terhadap bisnis pulsa saya, dan tanpa bisa dijelaskan lebih dari separuh uang modal tidak bisa terlacak kemana keberadaanya. Padahal menurut saya pembukuan benar, uang yang telah disetorkan saya simpan dengan benar, pokoknya semua hal berjalan sesuai dengan perhitungan saya.
Dari pengalaman tersebut akhirnya saya mempunyai banyak pelajaran, yang beberapa diantaranya :
1. Emosi bukanlah penyelesaian
Memang benar emosi atau marah-marah tidak jelas bukanlah sebuah jalan penyelesaian terhadap masalah-masalah yang dihadapi. Terus terang beberapa hari yang lalu saya sempat marah gak jelas terhadap istri saya karena dia menggunakan uang modal yang saya titipkan. Tetapi ternyata bukan uang kembali, kemarahan malah menyebabkan persoalan baru yang lebih rumit dari persoalan penyebabnya. Dari kejadian beberapa hari yang lalu, pada kasus ini saya mencoba bersikap lebih tenang, seperti yang dikatakan RTK jangan biarkan kemarahanmu berpikir. Dan dengan mencoba menahan emosi dan tidak berpikir ini kesalahan siapa, tetapi lebih berpikir kenapa bisa terjadi masalah ini aku mendapatkan banyak ide-ide baru untuk membuat hidupku lebih baik.
2. Pembukuan yang baik dan disiplin adalah hal wajib.
Mungkin saya salah satu orang yang lulus dengan nilai akutansi hampir yang terbaik saat lulus SMA, tetapi ternyata hal itu tidak membuat saya menjadi orang yang ahli dalam pembukuan dan pembuatan neraca. Konsep dari neraca, rekapitulasi, dan laporan rugi-laba memang masih banyak yang saya ingat walau sudah lebih dari 5 tahun tidak saya pelajari lagi. Tetapi pembukuan tidaklah satu-satunya solusi untuk menjaga transaksi-transaksi yang ada pada bisnis kita tetap konsisten dan dapat dijadikan acuan. Disiplin dalam mengecek transaksi dan cross check, juga perhitungan rekapitulasi berjangka (mungkin harian) merupakan jalan yang harus dilakukan untuk menjaga perputaran uang selalu pada daerah yang bisa dipertanggung jawabkan.
Pokoknya melalui post ini saya juga ingin meminta maaf kepada istri saya karena kemarin saya telah marah-marah gak jelas, saya hanya mengharap kesempatan yang untuk kesekian kalinya saya memperbaiki diri. Karena saya pikir tidak ada manusia yang sempurna, dan berbuat tanpa pernah melakukan kesalahan, karena kata orang bijak "Orang yang hebat bukanlan orang yang tidak pernah melakukan kesalahan, tetapi orang yang mau belajar dari kesalahan".
TERiMA KASIH ISTRIKU.
Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search