Jul 26, 2009

Bagi Para Bapak

Kali ini saya ingin sharing kepada para bapak-bapak yang mempunyai istri kerjaanya cuman nge-facebook. Pokoknya bangun tidur facebook, pulang kerja facebook, lagi ngapain ajah facebook, sampai-sampai jatah internet habis hanya untuk facebook, dan kegiatan lain malah jadi terbengkalai.
Memang saya akui saya cukup bengah dan gak nyaman jika melihat counter penggunaan speedy di rumah. Baru tanggal berapa udah lebih dari 50% jatah internet bulanan kepakai, padahal untuk kegiatan yang bener-bener tidak produktif yaitu nge-facebook.
Ok lah... langsung ajah kita mulai. Saya mencoba menulis 3 cara untuk mengurangi atau menghilangkan sama sekali kesempaan untuk membuka facebook dirumah :

1. Net Nanny
Net Nanny adalah sebuah aplikasi yang bisa kita gunakan layaknya proxy, yaitu memblok url situs-situs tertentu. Tetapi Net Nanny digunakan secara local pada komputer yang bersangkutan. Salah satu kelebihan Net Nanny adalah kita tidak perlu terlalu repot melakukan pensortiran url-url mana saja yang layak untuk di akses terutama untuk anak-anak, karena aplikasi Net Nanny secara berkala akan mendownload list situs-situs yang kurang baik dari server Net Nanny. Untuk menggunakan Net Nanny ikutin cara berikut :
- Download aplikasi Net Nanny (saya menggunakan 5.1). Rekomendasi ke avaxhome.ru biar dapat crack jadi dapet gratis.
- Install aplikasi dan lakukan konfigurasi default, agar tidak repot dan memakan waktu, karena pasti pusing.
- Setelah komputer di restart, dan aplikasi Net Nanny berjalan lakukan custom konfigurasi dengan cara click kanan pada tray icon Net Nanny dan pilih menu "Net Nanny Settings..". Akan keluar window konfigurasi Net Nanny, kemudian sesuaikan window dengan gambar berikut

- Dari Window click tombol "Add" untuk memasukan list url ke dalam database Net Nanny

- Apply perubahan dan close window konfigurasi Net Nanny dan restart komputer.
Kalau tips pertama biasaya adalah tips yang paling jelek dan paling mudah untuk di tangkis, dan memang benar, menurut saya penggunaan Net Nanny hanya bisa dilakukan jika istri tidak terlalu jago komputer, karena aplikasi ini akan sangat mencolok dengan ditandai adanya tray icon. So... istri akan cepat curiga dan dengan cepat mengambil langkah antisipasi yaitu meng-uninstall aplikasi. Dan sayangnya proses uninstall tidak diawali dengan permintaan password, jadi siapa saja bisa melakukan uninstall. Klo istri netter sekalian cukup jago di bidang komputer lakukan tips ke dua.

2. /etc/hosts
Para netter yang sudah jago dengan linux (sebenarnya hanya pengin ngomong klo saya itu jago linux ckckck), pasti sangat familiar dengan file /etc/hosts yang bisa digunakan untuk mendeklarasikan ip address sebuah domain host tanpa menggunakan DNS server. Nah... pada windows ternyata file ini juga ada, tetapi tidak tepat pada path /etc/hosts, yaitu ada pada C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts. Syntax yang digunakan pada file /etc/hosts pada windows juga tidak jauh berbeda dengan pada linux yaitu {ip address hostname}. Jadi logika yang kita gunakan adalah mengecoh komputer local untuk mengirimkan request ke ip address yang salah ketika browser melakukan request ke facebook.com. Ok langsung ajah lakukan langkah berikut :
- Buka file C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts atau terserah dengan sistem netter sekalian ada di mana, dengan menggunakan notepad.
- lakukan editing sehingga didapat content file kurang lebih seperti berikut

127.0.0.1 localhost
127.0.0.1 facebook.com
127.0.0.1 www.facebook.com

- Save file dan lakukan restart komputer.
Dengan cara diatas kita mencoba mengalihkan ip address dari facebook ke 127.0.0.1 yaitu localhost sehingga request akan selalu menghasilkan halaman yang salah. Tetapi jika istri netter sekalian adalah seorang hacker komputer, mungkin cara ini akan sangat lemah karena hanya dengan melakukan ping ke facebook.com, istri netter sekalian akan curiga bahwa komputer telah diakali. Tetapi santai saja, jika cara ke 2 juga gagal saya masih punya cara ke 3, tetapi sangat tidak saya sarankan.

3. Proxy server
Hahahahha..... sekalian saja lahh... saya mau promosi. Kalau ke 2 cara diatas masih tetep gagal, berarti netter sekalian kayaknya harus langsung menghubungi saya untuk membeli sebuah proxy dan firewall server. Saya menawarkan sebuah proxy server dengan spek
- Processor : dual intel atom 1,6GHz
- Motherboard : mini itx 17x17 cm
- RAM : 1 GB berpendingin sehingga akan didapatkan performa maksimal
- HDD : 100 GB
- SO : Linux CentOS
- Config UI : Web Based
Server tersebut saya jual seharga 3,5Juta belum ongkos kirim, tetapi bener-bener saya tidak merekomendasi cara ke 3 ini karena jelas sangat mahal dan tidak cocok untuk rumahan, klo ini sih.. cocok untuk kantoran. Tetapi santai saja saya masih punya jurus terakhir dan sampe saat ini bagi saya cara paling top markotop.

4. Call friends
Nah... ini cara paling jitu buat saya, yaitu call friends atau call her friends, yaitu dengan cara "Sa...... mamah lagi online tuch.... chatting ma eyang wahyu sanah.....". Gak percaya nich.. saya kasih fotonya.




Pokoknya cara ke 4 ini dijamin paling sukses untuk membuang facebook dari kehidupan istri netter sekalian
Anonymous said...

la nanti pada facebook-an dari HP gimana pak ?...

Anonymous said...

pake webmin ya pak untuk proxy server, config UI nya

NR Technology said...

anonime -> klo make HP sih... urusan sendiri itu udah.

Gak make webmin, bikin UI sendiri basis CGI

Anonymous said...

CGI-nya itu pake apa ..python apa perl pak ?...

NR Technology said...

Anonime -> Phyton

kang Ulumuddin said...

wakakak .. cara ke4 guwa suka ..

Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search