May 29, 2010

Jajang C Noer kecolongan.

Beberapa hari ini kayaknya Infotaiment lagi sibuk ngurusin hacker usil yang ngejebol account FB dan yahoo Messenger dari artis Jajang C Noer dan Butet. Sampe akhirnya tadi pagi terpaksa saya harus nonton salah satu jenis infotaiment itu karena nonton TV bareng Istri (Klo saya mending nonton spongebob). Nah... dalam liputan infotaiment tersebut bu Jajang C Noer cukup gamblang menurut saya menceritakan runtutan kejadian sampai akhirnya beliau ditelpon oleh pak Butet yang menanyakan tentang kepergian duitnya yang 2Jt.
Bu Jajang menceritakan tentang logout dan sebagainya sampai cerita kalau beliau punya laptop yang selalu digunakan untuk mengakses account FB dan YM-nya tanpa pernah menggunakan komputer lain, dan juga cerita mengenai penggantian password secara berkala dan sebagainya yang sebenarnya udah lama dan sering saya baca di forum-forum dan juga kemarin baru saja saya baca di detik.com yang ditulis oleh orang yang pasti lebih pintar dari saya.
Pada kenyataanya saya cuman tertawa dengan pemberitaan tersebut dan cara-cara untuk menangani pembobolan account FB dan YM, karena menurut saya itu percuma. Sama percumanya seperti cara-cara untuk mengantisipasi dijebolnya ATM beberapa waktu lalu. Tapi yaaa..... what ever-lah.... itu kan pandangan menurut mereka.
Sebenarnya dari cerita bu Jajang saya bisa ambil kesimpulan bahwa penjebolan itu dilakukan via Facebook yang menggunakan teknik phishing. Kenapa saya bisa mengambil keputusan tersebut ?. Karena dari beberapa teknik yang sering dibahas di forum-forum warez, penjebolan FB dan YM dengan teknik-teknik sniff dan sebagainya itu saya katakan sebagai HOAX, karena gak ada yang bisa jalan. Truss..... kenyataanya saya udah nanganin 2 account FB dan YM punya temen yang dijebol beberapa waktu lalu, dan semua memang menggunakan teknik phishing.
Sebenarnya saya gak pengin menceritakan bagaimana teknik itu dilakukan, dan memang saya bener-bener gak pengin. Jadi satu hal yang pasti untuk bisa mencegah terjadinya pembobolan account tersebut, pastikan saja kalau anda-anda sekalian login ke facebook yaa itu situs milik facebook yang beralamat di http://www.facebook.com. Trus usahakan agar account facebook dan YM menggunakan nama yang berbeda dan juga password yang berbeda.
OK semoga membantu walau bahasanya aneh... lagi males banget buat nulis

Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search