May 8, 2016

OS X untuk Adio dan Grafis

Saya ingin menulis tentang Apple OSX (Ten).
Saya saat ini menggunakan Hackintosh El Capitan 10.11.4 Vanila atau biasa di sebut Hackintosh Retail. Tulisan ini ingin saya mulai dengan pertanyaan "Mengapa saya dulu menjual Mac Mini ?", yah jawabannya jelas Karena tidak produktif untuk saya.
Apple memang menawarkan Sistem Operasi yang sangat Unik dan Spesifik (paling tidak menurut pandangan saya), tidak banyak aplikasi yang ditawarkan pada sistem Operasi besutan Apple. Kamu akan menemui aplikasi-aplikasi monoton yang itu-itu saja untuk kebutuhan sehari-hari. Tidak seperti Windows yang menawarkan banyak aplikasi untuk sebuah kebutuhan OS X cenderung miskin aplikasi.
Tetapi pada kenyataanya dengan tawaran aplikasi yang sangat sedikit OSX tidak di tinggalkan oleh pemakainya, dan justru para fanboy Apple bisa mati-matian mempromosikan bahwa OS X itu sistem operasi terbaik. Tetapi apakah benar OSX itu sistem operasi terbaik ?, jawaban saya bisa iya bisa juga tidak. Untuk orang-orang penggalau yang belum tahu dia itu make komputer untuk apa maka Windows adalah sistem operasi terbaik, tetapi bagi para profesional yang sudah tahu apa yang akan dia lakukan dan apa yang harus dia pakai OS X adalah sistem operasi terbaik.
Kalau anda bekerja dengan Audio Visual, Grafis, Music, dslb OS X menawarkan sedikit feature unik yang sangat bermanfaat dan tidak akan ditemukan di Windows. Seperti contoh untuk Input dan Output Audio atau grafis, OSX akan memisahkan bagian Input dan Output dalam sistemnya meskipun IO tersebut ada dalah sebuah kartu periperal. Ok Windows bisa melakukan itu, tapi by Applikasi bukan by System. Contoh sederhana begini, kamu punya kartu audio internal bawaan Mobo dan kartu audio external via USB. Maka Input bisa di setting via audio external, dan output di setting agar menggunakan audio internal. Bagi orang2 pada umumnya mungkin ini tidak bermanfaat tapi bagi penggila musik, atau DJ dsbl feature itu akan menjadi hal yang sangat penting. Kok bisa jadi penting. Umpama kamu lagi Live nge-DJ, kamu menggunakan output audio internal, dan tanpa di sengaja laptop kamu terhubung otomatis ke Internet, dan ketika terhubung aplikasi Mail Client akan otomatis tersinkronasi dan akan mengeluarkan bunyi centung ketika ada email masuk. Windows tidak bisa menangani itu, jika menggunakan windows maka bunyi centung akan masuk ke speaker output tetapi pada OSX jika output sudah di setting dengan tepat, bunyi centung tidak akan keluar pada speaker output. Hal itu juga terjadi pada banyak kegiatan macam recording dlsb.
Selain feature tersebut, OSX juga saya akui sangat cepat dalam bekerja. Saya menggunakan Core2Quad 2,4GHz socket 775 dengan RAM 7GB dan bekerja sangat cepat untuk ukurang saya. Tetapi ketika sistem tersebut saya install WIndows 8.1 system masih bekerja cukup cepat, cuman untuk membuka Microsoft Word terasa lebih lamabat di banding OSX. Selain kecepatan, Driver juga sangat-sangat baik. Saya memiliki 3 sound card 2 untuk input dan 1 untuk output (beli waktu masih khilap) dan ketiga sound card tersebut menurut saya bekerja lebih baik pada OSX di banding pada Windows, padalah untuk WIndows sudah menggunakan Driver bawaannya.
Jadi ya mungkin itu pendapat saya mengenai OSX
Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search