Jan 29, 2023

Satu Data Kabupaten Brebes

 

Satu data Kabupaten Brebes, antara pekerjaan dan idealisme pribadi. 

Pertama kali saya menginjakan kaki sebagai pegawai Dinkominfotik Kabupaten Brebes, hal yang pertama tak lihat adalah Data Center, atau Ruang Server, karena sebelum saya di Dinkominfotik, saya selalu kecewa dengan performa kinerja Kominfo dalam pengelolaan aplikasi dan server. Pernah akhirnya saya memutuskan untuk membeli sendiri perangkat server, daripada saya harus nitip aplikasi ke Kominfo Brebes.

Hari pertama setelah saya dilantik menjadi eselon 4 di Dinkominfotik adalah melihat sebenere seperti apa sih Data Center Kominfo Brebes ?. dan ya begitulah adanya kira-kira, benar saja kalau OPD lain ndak mau nitip aplikasi atau nitip server di sana. Kondisi parah beud, bandwith cuman 60Mbps dengan 5 IP Public yang bisa digunakan dan sumber daya manusia yang cuman itu itunya.

Dari situ aku mulai berpikir untuk membenahi kondisi Data Center. Untuk saja pemikiranku sama dengan pemikiran Pak Kadin, sehingga dengan segala yang aku bisa, tak mulai bikin semacam roadmap dan angka kasar RAB untuk membenahi Data Center.

Hari ini Data Center sudah berjalan sangat baik, meskipun pernah dilakuka Audit baru bisa nembus tier 1 tapi ya ndak papalah, yang penting bisa jalan dengan baik dulu. Hari ini Data Center sudah dilengkapi dengan UPS Super Besar dengan kemampuan 10ribu KVA dan dapat bertahan lebih dari 2 jam ketika terjadi mati lampu. Sudah di backup juga dengan Genset dengan kapasitas 60ribu KVA yang berjalan dengan sangat baik, dan juga sudah di Support dengan bandwidth 400Mbps dengan IP Transit /24. Meskipun Bandwith masih termasuk kecil dibanding dengan Kabupaten Kota lain, tapi menurutku sudah cukup lah. 

Owh iya, sebagai informasi server kita sudah running tanpa mati lebih dari 7 bulan uptime, itu saja kemarin harus kita matikan karena ada update sistem.

Per 2022 akhir, saya nyatakan pembenahan Data Center sudah cukup, Trus lantas apa selanjutnya ?. pertanyaan itu selalu menghantui ku di akhir tahun 2022. Akhirnya saya komitmen untuk melanjutkan cita-cita ku dulu waktu di DPMPTSP yaitu Satu Data Kabupate Brebes. Waktu di DPMPTSP saya pernah develop aplikasi bernama SIDAUS (Sistem InformasI Data Usaha), intinya adalah bagaimana aplikasi tersebut menyediakan data lengkap tentang profile usaha yang berjalan di kabupaten brebes, dari lokasi, jenis usaha, pemilik dslb-nya yang bisa diakses oleh OPD lain dengan memanfaatkan API.

Hari ini aku pengin lebih dari SIDAUS, aku pengin Kabupaten Brebes bener bener bisa Satu Data, aku yakin ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan, cuman pasti bisa lah, wong udah kelihatan semua jalannya, tinggal melangkah dan melalui jalan tersebut.


Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search