Jul 12, 2009

edtFTPnet Component

Kali ini saya ingin share mengenai komponen .net yang pada saat ini sangat membantu saya. Mungkin bagi netter sekalian yang sering atau pernah mencoba code FTP Protocol dengan .Net Framework akan merasa sebal, karena setiap kali kita mau melakukan koneksi dalam artian melakukan sebuah request ke FTP server maka kita diharuskan melakukan loggin ke server walaupun sebelumnya kita pernah melakukan loggin. Berulangnya proses login ini ternyata sangat membuang waktu dan menjadikan aplikasi kita kurang terjaga kinerjanya. Nahh.... ketidak puasan saya dengan fasilitas bawaan .Net Framework membuat keingin tahuan saya untuk mencari alternatif lain. Akhirnya saya dapatkan komponen untuk .Net yang menurut saya cocok untuk saya, karena terdapat versi GPL-nya. Komponent tersebut bernama edtFTPnet yang bisa di download di sini. Walaupun pada post ini saya menggunakan versi 6.4.0 Pro, tetapi pada aplikasi saya, saya menggunakan versi 5.1.0. Kenapa saya menggunakan versi yang lebih lama ?, tidak lain dan tidak bukan karena saya hanya menemukan crack untuk versi pro-nya ya... yang versi 5.1.0 heheheheheh. Tetapi jangan takut untuk versi GPL-nya udah mensupport banyak hal kok, untuk standart penggunaan FTP Protocol juga udah tersedia semua.
Langsung saja kita masuk ke pembahasan materi.
1. Download edtFTPnet Pro 6.4.0, kemudian install.
2. Tambahkan komponent kedalam Toolbox Visual Studio, dengan cara :
- Click kanan pada window Toolbox, kemudian pilih "Choose Items".

- Akan muncul sebuah window untuk menentukan komponen yang mau ditambahkan, cari komponen edtFTPnet.

- Komponen telah ditambahkan pada Toolbox, kemudian drag-and-drop kedalam form aplikasi yang sedang kita buat.


Nahh... setelah form ditambahin dengan edtFTPnet komponen, tambahkan sebuah tombol, kemudian ketik code berikut.


Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
ExFTPConnection1.ServerAddress = "localhost"
ExFTPConnection1.ServerPort = "21"
ExFTPConnection1.UserName = "wawan"
ExFTPConnection1.Password = "xxxxx"
ExFTPConnection1.Connect()
End Sub


Tampilan aplikasi kurang lebih akan seperti berikut
Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search