Jun 6, 2010

Microsoft SharePoint 2010

Beberapa hari ini saya ingin mengembangkan sebuah aplikasi buat kantor yang berguna untuk share dokumen-dokumen kantor. Kebutuhannya sebenarnya gak repot-repot amat, yang penting bisa buka file doc, xls, dan pdf. Aplikasi ini sebenarnya saya maksudkan untuk melakukan penghematan penggunaan kertas, selain pengin dikembangkan juga buat eLibrary. Sekarang coba bayangkan saja untuk maju surat apapun yang akan ke Bupati atau ke Sekretaris Daerah atau ke kantor lain butuh kertas yang tidak sedikit, emang sih... harus diakui surat jadinya, paling 1 atau 2 lembar, banyak-banyaknya 10 lembar lah... sama nominatif atau lampiran lain. Kertas banyak terbuang untuk refisi dan koreksi. Saya bayangkan kalau para pejabat dan pengambil keputusan bisa menge-view dulu dokumen yang akan dikirim tanpa harus melakukan pencetakan, kemungkinan besar kertas akan bisa dihemat, dan dengan itu pasti terjadi banyak sekali penghematan dana, yang akhirnya mungkin bisa dialihkan untuk kesejahteraan PNS ckckckck (Atau dibalikin ke KAS Negara ???).
Pertimbangan yang saya lakukan adalah aplikasi pasti akan dibangun dengan .Net Framework (karena emang saya udah nyaman banget dengan .Net). Trus pasti akan Web-Based, karena saya gak mau repot ditambahin kerjaan untuk Install Client dan kerjaan maintenance lain yang tidak membuat saya cepet jadi pejabat ckckckck :D, jadi kalaupun butuh Client, itu kepunyaan pihak ke-3 yang bisa di-install oleh sembarangan orang tidak terkecuali Feri (yang suka nyiapin minum kopi klo pagi di kantor).
Cari-cari component atau aplikasi yang bisa di-integrasikan dengan .Net dari RichEditor-nya punya DevExpress sampai kepunyaan Telerik gak ada yang nyambung sama sekali. Ntah.... setan mana yang merasuk ke diri saya, tahu-tahu saya melihat sekelebat bayangan yang bertuliskan Microsoft SharePoint (sebenarnya saya cuman teringat ada feature baru di Visual Studio 2010 yang bernama SharePoint).


Akhirnya dengan sedikit kata kunci yang terpikirkan saya langsung menuju ke GOOGLE dan saya ketikan Microsoft SharePoint+wikipedia, keluarlah banyak sekali kata yang menghiasi monitor dan membuat kepala tambah pening. Dengan sigap saya buka satu-per-satu halaman yang dirujuk oleh GOOGLE, dan saya akhirnya dapat ambil kesimpulan "Inilah jawaban saya".
Dengan perasaan senang dan was-was saya memberanikan diri masuk ke site http://flazx.com untuk mencari tahu rujukan yang tepat untuk pengembangan aplikasi dengan SharePoint tersebut, dan saya temukan 2 buku yang menggugah gairah saya. Baca beberapa halaman saya temukan sebuah bagian yang menerangkan pengembangan aplikasi menggunakan SharePoint dengan Visual Studio 2010, gak lama kemudian saya buka VMWARE (Visual Studio 2010 saya install di Windows Media Center yang ada di VMWARE, karena Windows XP saya lagi buat develop dengan Visual Studio 2008, dan saya blom tahu DevExpress yang buat Visual Studio 2010 apa emang udah bisa digunakan), dan saya jalankan Visual Studio 2010, saya pilih Opsi VB dan saya dapatkan bagian template untuk pengembangan SharePoint. Saya pilih template tersebut dan saya buat project ternyata Visual Studio 2010 menampilkan pesan error yang intinya saya belum punya Microsoft SharePoint Server. Udah kadung pusing dan bingung saya langsung menuju http://forumw.ca untuk mencari tahu tentang Microsoft SharePoint Server, dan saya dapatkan link bagus, akhirnya saya download ntuh SharePoint Server yang kurang lebih segede 700MB, ehh gak bisa diInstall karena kebutuhannya Windows 64bit.
Mampus nich gua pikir, gak percaya dengan pengetahuan saya yang cukup dangkal akhirnya saya download CPUz untuk mengetest apakah hardware saya support untuk pengembangan aplikas SharePoint, ehhh ternyata support gan..!!!!. Berarti Misi hari Senin 07 Juni 2010 adalah Installasi Windows Server 2008 R2 yang 64bit.
Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search