Mar 30, 2015

Startup Resume

Pengin cerita dikit, ngga penting sih sebenere, cuman pengin cerita saja.
Sekarang kayaknya lagi ngehit dan ngetrend yang namanya StartUp. Kalau saya sendiri sebenere gak ngerti secara pasti apa itu StartUp, itu perusahaan, orang kumpul-kumpul, orang nyari duit atau ntah apalah, cuman yang saya tahu hal kek gituan sebenere udah ada dari dulu dulu dan dulu, cuman mungkin baru nemu namanya sekarang.
Seperti yang saya bilang saya ngga ngerti secara pasti apa itu StartUp, cuman kalau saya boleh mendeskripsikan, StartUp itu sebuah kegiatan yang dikelola secara profesional, ada produk, ada legal formal dan ada organisasinya, jadi Toko Komputer yang di kelola secara profesional buat saya bisa juga dikatakan sebagai StartUp, Kalau bilang StartUp adalah perusahaan baru atau kegiatan yang baru gak juga, Cyanogen juga bukan orang kemarin, kok banyak yang nyebut mereka StartUp.
Trus sebenere apa sih yang seksi di startup kok sepertinya perusahaan2 dengan duit tanpa seri sangat tersobsesi untuk bisa membeli, meng-akuisi dan lain sebagainya ?. ya yang bikin seksi sebenere ya organisasi tersebut. Startup tidak hanya bilang masalah programming dan produk, mereka sudah bilang masalah legal formal dan management. Kalau cuman bikin aplikasi auto-login dengan teknologi suara sih orang2 di Google palingan butuh waktu hitungan hari bisa bikin, tetapi kenapa mereka membeli startup asal israel, atau cuman aplikasi untuk pengenalan wajah orang2 di facebook juga pasti gampang bikin itu, cuman kenapa facebook juga beli startup yang punya produk tersebut ?. Jadi intinya bila perusahaan besar membeli sebuah startup, pertimbangan mereka tidak hanya produk yang di butuhkan tetepi juga mempertimbangkan masalah kesehatan perusahaan tersebut dan management perusahaan tersebut, jadi ketika Google atau Facebook atau semacemnya membeli, mereka sudah tidak pusing lagi untuk ngurusin tetek bengek gak perlu. Jadi ketika udah di beli ya udah mereka udah jalan sendiri dan produktif tanpa banyak campur tangan dari sang pembeli.
Terus sebenere kapan waktu terbaik untuk memulai sebuah startup ?. Buat saya waktu terbaik adalah ketika mahasiswa semester 3 atau 4, karena pada dasarnya mahasiswa IT semester tersebut seharusnya sudah menguasai semua dasar pengembangan produk berbasis IT, karena yang saya tahu semester 1 dan 2 di UAD sudah memberikan dasar yang cukup baik.
Saya ingat bener dulu sekitar 3 atau 4 tahun lalu ketika mencoba merintis kegiatan yang saya lakukan sekarang (meski saya tidak bilang saya bagian dari Startup, cuman karena seringnya dapat undangan via email acara2 Startup mungkin juga mereka menganggap demikian) susah banget nyari orang, dan sampai hari ini saya masih sendirian. Nyari orang yang mau investasi tenaga untuk create sebuah produk, ngurusi legal formal, pajak dslb susah minta ampun. Mereka maunya di bayar bulanan. Lah gimana mau bayar bulanan ?, pendapatan saja blom pasti wong masih pada masa create produk, blom ada yang bisa dijual. Itulah kenapa saya bilang Mahasiswa adalah waktu yang tepat untuk membangun Startup, karena Mahasiswa sebagian besar masih netek ama orang tua, waktu mereka banyak, blom punya tanggungan anak istri dslb yang intinya, bangun tidur melek saja sudah langsung bisa mikir "Apa yang harus saya selesaikan hari ini ?" atau "Saya harus bertemu dengan siapa hari ini ?".
Trus sebenere apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah startup ?. Yah karena saya pada dasarnya gak tahu apa itu startup, jadi ntah lah, tetapi menurut saya yang dibutuhkan adalah : Pertama Organisasi itu sendiri, jadi harus lebih dari satu orang jangan hanya sendirian, legal formal dan managemen. Selain sisi formal di sisi teknis paling tidak menurut saya harus menguasai programming. Karena buat saya omong kosong, ada orang bikin startup jualan baju, tetapi aplikasinya beli, dia sendiri gak bisa coding (diboongin ama orang mah percaya). Kuasai paling tidak 2 bahasa pemrograman, bahasa sistem macam C/C++ atau assembly dan bahasa aplikasi macam C#,Java. Karena untuk bikin aplikasi yang solid, kita tidak bisa hanya mengandalkan frontend yang mudah di bangun dengan bahasa macam C# atau java untuk dipakai pengguna, kita juga harus masuk ke bagian backend yang banyak dibangun menggunakan C/C++ plus assembly macam kaya Sistem Operasi, daemon, service system dslb.
Saya hari ini punya 2 produk, Absensi Elektronik untuk PNS, Sekolah, dan Umum tapi sepertinya yang paling siap yang untuk PNS, dan Firmware Raspi untuk Home Cloud, semacam file server lah, tapi yang ini kurang terurus, karena waktu yang susah untuk develop systemnya. Untuk Absensi Elektronik, sepertinya akhir tahun ini atau awal tahun depan udah mulai ngerakit alat absensinya sendiri, sisi sistem software sudah selesai di bangun, tinggal uji coba.
Yahhh jadi seperti itu. Gak penting sih, cuman mungkin bisa untuk bacaan buat bikin ngantuk tongue emoticon
Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search