Feb 16, 2016

Identitas Anak

Setelah isu-isu yang banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia baik terorisme, kalijodo, dan LGBT, akhirnya mulai lagi starting isu baru yaitu "Perlu tidak sih anak punya tanda pengenal ?".
Pagi ini di MetroTV, sambil menikmati sarapan pagi ikut mengikuti perbincangan antara ntah siapa dengan ntah siapa lagi. CUman dari pemerintah seingat saya adalah seorang Deputi.
Kalau saya pribadi sih bukan pada posisi setuju atau tidak setuju anak-anak punya Identitas, kalau saya berpandangan kepada "Belum Perlu" anak-anak punya identitas formal kayak KTP. Pada perbincangan tersebut Bapak Deputi mengungkapkan alasan diperlukannya "Identitas Anak" yang salah satu kepentingannya adalah validitas data dan kemutahiran data anak. Saya sebenernya setuju dengan Bapak lawan bicara, bahwa untuk validitas dan kemutahiran data bisa dengan memperbaiki sistem di Akte kelahiran dan Kartu Keluarga. Berkaca pada kasus kelahiran anak saya di RSI Tegal, saya rasa RSI Tegal sudah punya aplikasi pencatatan data bayi yang cukup baik, terbukti pada saat anak saya masuk ke RSI kemarin, data profile anak saya masih tersimpan rapi pada database mereka. Dari pada ribut ngurusin hal yang nantinya malah bakal jadi kontroversi bukannya lebih baik kerja silent macam NINJA. Bikin sebuah aplikasi tier web service yang memberikan akses kepada Rumah Sakit Bersalin dan semacamnya untuk menginput data kependudukan berdasar pada kelahiran bayi di tempat tersebut. Rumah Sakit bakalan bisa memberikan data macam kaya tanggal lahir, proses kelahiran, golongan darah, penyakit bawaan dslb-nya. Malahan kalau mungkin sekalian beri akses kepada Rumah Sakit yang telah terverifikasi untuk sekalian mencetak Akte Kelahiran Bayi.
Disaat ini ketika Facebook saja bisa Collect data pribadi warga negara Indonesia, masa iya pemerintah Indonesia sendiri kesulitan untuk mengumpulkan data warga negaranya sendiri.
Kalau memang Goal Akhirnya adalah validitas dan kemutahiran data penduduk, mungkin akan lebih baik kalau fokus saja ke perbaikan aplikasi E-KTP. Penerapan Single Identifikasi Number seperti yang di gagas Pakde Janto Marzuki itu hal yang sangat-sangat baik. Jadi,....... MAJU TERUS INDONESIA.
Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search