Jul 17, 2008

Joomla 1.5 pada CentOS 5.1

Joomla adalah salah satu CMS yang sangat popular, dan Joomla telah me rilis versi terbaru yaitu versi 1.5. Walau sebenarnya saya tidak mengikuti perkembangan Joomla, tapi mari bersama kita installasi Joomla 1.5 pada CentOS 5.1
Langkah-langkah yang harus dilakukan cukup ikuti petunjuk di bawah.
1. Buatlah database baru (saya menggunakan bantuan phpMyAdmin)

2. Jika proses pembuatan database berhasil, halaman akan langsung berpindah untuk menampilkan semua informasi mengenai database yang baru dibuat.

3. User baru yang hanya dapat mengakses database untuk Joomla perlu dibuat. Karena dengan menggunakan user biasa yang hanya bisa mengakses databse Joomla, dapat mengurangi resiko terjadinya kehilangan data atau rusaknya data di database yang lain.

4. Setting privileges untuk user wajib dilakukan. Yang penting diperhatikan, hanya perbolehkan user untuk Joomla mengakses database Joomla, jangan sampai di set untuk dapat mengakses database yang lain.

5. Berikan semua privileges kepada user Joomla untuk database Joomla.

6. Setelah proses pembuatan databse selesai, pergi ke direktory /var/www/html dan buatlah directory baru, kemudian upload master Joomla 1.5 ke direktory baru dan extract master Joomla 1.5
#cd /var/www/html
#mkdir summit
#cd summit
-> Upload master Joomla 1.5 ke directory /var/www/html/summit
#tar -zxvf Jooma1.5

7. Hapus master Joomla untuk mengurangi beban server terutama pada masalah storage.

8. Proses installasi Joomla 1.5 dimulai dengan pemilihan bahsa untuk installasi. Untuk mudahnya pilih saja bahasa inggris lalu click tombol Next.

9. Sebelum proses installasi Joomla ke database dan Linux system dimulai, Installer akan melihat konfigurasi yang ada di server, dan akan memberitahukan jika ada masalah yang mungkin terhadi. Sebagai catatan jika error berada pada file configurasi Joomla yang tidak writable langsung saja click Next.

10. Perjanjian harus disetujui. Maka setujuilah perjanjuan GNU/GPL dan click Next.

11. Pada bagian setting database, masukan semua informasi yang disesuaikan dengan database yang sebelumnya sudah dibuat.

12. FTP Layer adalah feature baru yang ada di Joomla 1.5. Lebih mudah non-aktifkan feature FTP Layer.

13. Masukan data username, password dan email address dari admin.

14. Jika belum terlalu advanced dengan Joomla akan lebih baik kalau sample data di install, jadi click tombol "Install Sample Data" untuk memasukan sample data Joomla ke database.

15. Copy configuration yang diberikan oleh Installer. Configuration muncul karena pada saat awal installasi, Linux System tidak memberikan hak akses untuk menulis pada file configurasi Joomla.

16. Lakukan installasi configurasi, dan remove atau rename directory installation.
Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search