Feb 25, 2009

N78 rekomendasi dech

Heheheheh akhirnya saya berhasil juga meng-update Firmware Nokia N78 saya dari V12.xxx menjadi V20.149. Memang seperti yang banyak dibicarakan di millist ataupun forum luar negeri bahwa kelemahan dari Nokia N78 ada pada firmware bawaannya, yang dalam hal ini V12.xxx atau lebih kecil lagi. Sampai saat ini entah hanya perasaan atau memang benar adanya Nokia N78 saya bekerja dengan sangat baik, responsif, dan belum pernah terjadi error.
Seperti mungkin diketahui banyak orang, bila N78 dinyalakan dalam waktu yang lama, maka akan keluar semacam error note terjadi kesalahan atau error dalam sistem, dan bila error tidak terjadi maka batere akan sangat panas. Selain error note sering terjadi hang ketika kita menggunakan Nokia Maps yang melalui jalur Wireless LAN, selain itu juga sering banget terjadi error ketika kita membuka banyak aplikasi, apalagi bila salah satu aplikasi menjalankan background proses seperti download atau apapun.
Setelah proses update dilakukan memang tidak terjadi banyak perubahan pada pemampilan UI N78, hanya terjadi perbedaan mencolok pada Nokia Maps yang tampilannya bener-bener berbeda dengan tambahan search bar dibagian bawah, trus adanya tambahan Microsoft Mail Exchange client. Tidak usah banyak ngomong lagi, berikut saya berikan langkah untuk update firmware Nokia N78.
Sebelum memulai persiapkan beberapa alat yaitu charger, kertas, pulpen, dan keberanian untuk menanggung resiko, karena proses update langsung dilakukan pada handphone, tidak melalui PC seperti yang pernah saya lakukan pada Nokia 6120C. Saya tidak tahu kenapa proses update firmware tidak pernah berhasil saya lakukan apabila melalui aplikasi bawaan Nokia yang di Install pada PC, aplikasi selalu mengatakan bahwa versi firmware adalah versi terbaru. Padahal kalau proses update dilakukan lewat PC apabila proses update gagal dilakukan di tengah jalan, aplikasi nokia updater bisa mengembalikan firmware handphone pada firmware bawaan, karena saya pernah melakukan kesalahan pada saat update nokia 6120C.
Proses update firmware akan lebih baik kalau dilakukan menggunakan koneksi WLan dengan kecepatan akses internet yang tinggi, karena firmware yang akan didownload sekitar 110Mb (kalau gak salah sihhh antara 110MB atau 11MB), tetapi kalaupun terpaksa bisa digunakan jalur gprs karena setahu saya proses download firmware bisa di resume alias, kalau proses download gagal sebelum firmware sempurna terdownload bisa diterusin lagi tanpa harus mengulang download dari awal. Sebaiknya gunakan jalur internet yang cepat, dan mungkin bisa menggunakan jalur telkom speedy, untuk konfigurasi bisa lihat alamat berikut http://blogehendrawan.blogspot.com/2009/01/rtrw-net-dengan-speedy.html
Setelah alat dan bahan disediakan langsung charge saja Nokia N78-nya untuk mengurangi resiko gagal update karena handphone kehabisan daya, lalu masuk ke "Menu" pilih "Tools" -> "Utilities" -> "Dev. mgr". Aplikasi Device Manager akan terbuka kemudian dari softkey "Options" pilih "check updates" dan biarkan aplikasi mengecek apakah ada kemungkinan N78 kamu diupdate firmwarenya. Apabila aplikasi menemukan bahwa firmware N78 kamu bisa di update langsung saja pilih accept-accept dan accept (tapi akan lebih baik dibaca perintahnya).
Setelah proses update berhasil, silahkan rasakan perbedaanya. Saya rasa sih.... N78 sangat layak untuk dibeli dengan harga terakhir yang saya lihat di internet cuman sekitar Rp 3.150.000,-, walau saya dapat dengan harga lebih rendah dari itu. Yaa memang dengan catatan keypad-nya gak nyaman banget buat jari saya, mungkin kalau jari lentik luna maya sangat cocok kali ya.......
Semoga bermanfaat, dan ingat pesan mbokmu "hati-hati sebelum membeli"
casanopi said...

wah maksih bgt bro buat rekomendasinya, dulu N78 saya lemot bgt. sekarang dah nggak.... bhkn dulu sering restart kalau lg chatting trus dpt sms... sekali lagi suwun bgt...............

NR Technology said...

Novian -> Ok sama-sama

el said...

wah hp n78 ku ga bs instal aplikasi, gmn ne bro caranya?

NR Technology said...

el -> punya saya juga gak pernah bisa install aplikasi sis atau sisx. Pasti masalah certivicate error. So, akhirnya saya hanya menginstall aplikasi java saja yang dibendle dalam jar.
Sampe sekarang gak ada masalah.
Cuman mungkin kalau emang gak bisa sama sekali install aplikasi kamu format HP-nya dulu kemudian update ke firmware terbaru.
Tata caranya ada di http://blogehendrawan.blogspot.com/2009/03/n78-cant-zoom.html dan http://blogehendrawan.blogspot.com/2009/04/n78-firmware-update.html

Razan said...

mas, solusi bwd kamera N78 g bs zoom? thx

NR Technology said...

Razan -> cek ini ajah http://blogehendrawan.blogspot.com/2009/03/n78-cant-zoom.html. Bisa kok, aku udah coba dan banyak orang coba bagus. Bahkan udah ada perbaikan pada aplikasi kamera, jika lupa gak dimatikan camera otomatis pada kondisi standby jadi baterai gak panas lagi.

Anonymous said...

Mas napa n78 ku sering hang ktka br dinyalakan dan tdk bs dimatikan.trpaksa cabut baterai.mhn pencerahan
nauli.sibolga@yahoo.co.id

NR Technology said...

Anonim -> Silahkan cek alamat berikut
http://blogehendrawan.blogspot.com/2009/03/n78-cant-zoom.html
http://blogehendrawan.blogspot.com/2009/04/n78-firmware-update.html
Semoga membantu

Anonymous said...

boss met knal nich, lngsung nanya aja ya boss, ini nih kenapa ya tiba2 kamera n78 ane gk berfungsi jd kalo ane nyalain kamera tampilan layar kosong aja ky hp hang, mohon bantuan boss thx sebelumnya ya boss, my email asetyo_prianto@hotmail.com

NR Technology said...

Saya pernah kejadian gitu, tapi untuk N73. Dan ternyata setelah saya obrak-abrik. ntuh kamera emang rusak.
Semoga membantu

mllozz said...

wifi n78 gw ga bisa konek ke wireless & ga bisa zoom cameranya..tolongin donk sob...

NR Technology said...

mllozz -> Update Firmware-nya bos. Coba dulu. Ada kok di blog ini cara update firmware, cari ajah yaaa.

syahroni said...

Aku Pencinta HP n78, KEKURANGAN HP ini cuma pada sisi keypad nya saja.
Dan beberapa waktu Lalu aku sukses install Maps 3.03 di N78 kesayangan aku. Yang sebenarnya maps 3.03 tidak support untuk N78.
Ini dia Tipsnya
1. Syarat wajib HP kamu sudah di Hack. Dan sudah mempunyai Roompatcher.
2. Download dan install " S60SOA.sis"
3. Buat File Patch, menggunakan "changeUID.exe" , software ini akan menghasilkan 2 buah file patch. Ambil patch "changeUID_long.rmp" saja. Dan Taruh didalam Roompatcher kamu Lalu Di Apply All patch.
4. Download dan install Nokia Maps 3.03/3.04 sampai selesai.
5. Hapus data Peta Lama kamu Beserta file "qf" yang Berada di memory Card kamu.
6. Jalankan Maps 3.03 sebentar saja, Lalu Tutup kembali. ini hanya Untuk membuat Folder saja yang untuk data Peta Baru.
6. Download Data Peta Baru Menggunakan "Nokia Maps Loader"
7. SELAMAT MENIKMATI NAVIGASI GRATIS. . . Tis. . Tis. . Seumur Hidup.
( syahroni_xp@yahoo.co.id )

Anonymous said...

om ngehack n78 bgusnya pake apa, saya udh pke beberapa aplikasi hack tapi stlah dcoba d install slalu certifikat error,.. mohon pencerahanya

NR Technology said...

Anonime -> mungkin bisa langsung dicoba caranya saudara syahroni

Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search