Mar 14, 2009

Kirim SMS gratis

Wah..... sebenarnya judul untuk post ini sedikit menyimpang dari kaidah sebenarnya, tetapi demi untuk terjaring dalam pencarian di google dengan kata kunci sms gratis yaa..... akhirnya saya gunakan lah judul tersebut. Tapi jangan khawatir pada prinsipnya sama kok, sama-sama mengirim pesan kepada teman perbedaannya hanya pada sms menggunakan SMS Protocol yang hanya dipunyai provider dan untuk post kali ini saya menggunakan fCard yang notabene menggunakan protocol HTTP.
Tidak usah banyak cakap lagi, langsung saja saya jelaskan step-step mengirim pesan ke teman menggunakan aplikasi fCard :
1. Langkah pertama yang tentunya harus dilakukan adalah mendownload aplikasi fCard dan menginstallnya di Handphone. Langsung masuk ke web http://friendscard.org dan download file jar-nya --untuk beberapa hp mungkin dibutuhkan file jad-nya.
2. Setelah installasi berhasil, langsung masuk ke bagian registrasi user fCard yang beralamat di http://friendscard.org/register.php.



3. Apabila proses registrasi berhasil maka kamu akan mempunyai sebuah account dengan username dan password untuk bisa login ke sistem fCard. Periksalah apakah username dan password tersebut benar-benar berfungsi untuk masuk ke dalam sistem fCard dengan melakukan login di aplikasi web-based fCard.


4. Proses login dengan web-based telah berhasil, sekarang giliran kamu men-setting aplikasi fCard untuk Handphone. Jalankan aplikasi fCard kemudian dari menu utama pilih Settings, setelah UI untuk setting sistem muncul isikan data sesuai dengan account fCard kamu, kemudian Save.




5. Proses setting sistem adalah proses paling penting pada aplikasi fCard, karena account tersebut dibutuhkan untuk melakukan semua kegiatan pada aplikasi fCard, jadi apabila proses setting sistem gagal atau tidak dilakukan maka aplikasi fCard pada handphone kamu tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya.
6. Semua proses yang harus dilakukan sudah selesai, sekarang giliran kamu meregister teman-teman kamu ke dalam aplikasi fCard. Seharusnya aplikasi fCard akan menggunakan fasilitas bluetooth untuk bertukan data profile, tetapi karena satu dan lain hal terutama pada waktu akhirnya fasilitas tersebut belum bisa digunakan, so... untuk penggantinya disediakan sebuah UI untuk menginput data profile dari teman yang akan kamu masukan dalam list teman kamu. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menambah teman adalah meminta data username, nama, dan nomer hp yang telah teregister ke sistem fCard. Selanjutnya dari menu utama pilih Teman, dan pada UI teman dari menu pilih Jalin Pertemanan. Akan keluar UI untuk meng-input data teman, masukan semua data yang dibutuhkan kemudian pilih save. Apabila semua data dari teman valid atau sesuai dengan data yang ada di sistem fCard maka teman akan bisa ditambahkan dan nantinya akan tampil pada UI list teman milik kamu.





7. Teman sudah ditambahkan, aplikasi fCard sekarang sudah bisa digunakan untuk mengirim testi, sms dan juga pesan kepada teman kamu tadi. untuk mengiri pesan dari menu UI Teman pilih Kirim Pesan, selanjutnya UI untuk kirim pesan akan muncul, ketikan pesan kamu dan pilih Send.




8. Kirim pesan sudah, sekaran kamu tinggal mencoba melihat apakah kamu punya sebuah atau mungkin beberapa pesan baru. Dari menu UI utama pilih Pesan, maka UI pesan akan tampil, jika kamu mempunyai pesan dalam pesan box kamu, maka pesan tersebut akan ditampilkan dalam sebuah list.



Nah.... sekarang kamu dah bisa kirim pesan yang sangat murah... silahkan dinikmati dan tunggu feature-feature lain yang belum sempat selesai. BTW keep use fCard, sehingga kamu mempunyai kesempatan untuk mensupport aplikasi anak negeri ini. ohh ya jangan lupa untuk meng-click iklan di http://blogehendrawan.blogspot.com untuk percepatan proses compatibilitas untuk banyak Handphone.

Terima kasih, fCard Developer http://blogehendrawan.blogspot.com
Jupe37 said...

wah,serius meng fcard yah.tp hapeQ ra support sih.ngesuk ganti hp disit lah..

NR Technology said...

tupanx -> mangkane click iklanku sing akeh, dadi mengko aku bisa tuku hape sing akeh, emn kompatibilitase semakin baik nang banyak HP.

Unknown said...

ini pakai pulsa GPRS yah om.,emang gak otomatis sinkron ya ?klo add di web otomatis di HP juga ada ..

NR Technology said...

ripai -> iya make GPRS. Maksudnya sinkron di web ? aku malah gak mudeng. Klo fCard itu harus make HP untuk menjalin pertemanan. fCard itu bukan friendster.

Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search