Sep 3, 2015

Pandangan Saya Atas Mobil Listrik

Sepertinya cukup banyak status terlihat di wall Facebook yang berkomentar masalah Mobil Listrik yang katanya di beli ama Tetangga Sebelah. Tapi satu hal yang sepertinya masih belum di pahami oleh banyak netizen bahwa Pengadaan Barang dan Jasa itu berbeda dengan Pengembangan dan Inovasi.
Jadi RnD itu berbeda sama sekali dengan proses Pengadaan Barang dan Jasa. Pada Proses Pengadaan Barang dan Jasa barang yang akan atau sudah di beli jelas harus memiliki spesifikasi teknis tertentu, tersertifikasi, atau bahkan harus terdaftar pada Kementrian Perindustrian. Ada banyak hal yang harus di penuhi oleh sebuah barang ketika barang tersebut akan di beli oleh Pemerintah melalui proses Pengadaan Barang dan Jasa, yang intinya atau kata singkatnya adalah Pemerintah Tidak Bisa Membeli Barang Prototype. Untuk masalah Mobil Listrik saya setuju dengan keputusan Bapak Ricky Elson untuk menjualnya kepada Negara M tersebut. Ranah RnD menurut saya bukan pada Pengadaan Barang dan Jasa, melainkan pada Instansi lain macam kaya Lapan, LIPI atau yang lainnya, bisa juga mungkin mencari bantuan dana dari dana-dana Hibah yang banyak di tawarkan oleh BAPPENAS atau BAPPEDA.
Kalau saya sendiri jika berperan sebagai Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa, tentu tidak akan mau membeli barang Prototype karena beberapa aspek tadi diatas. Bukan masalah tidak pro atas Pengembangan dan Inovasi, tapi resikonya terlalu besar. Kalaupun barang Prototype itu punya Spesifikasi Teknis jelas, Standart yang jelas dslb itu semua, tandanya sudah ada barang lain yang telah di produksi masal dan bukan barang prototype, pada kapasitas sebagai PBJ maka saya akan membeli barang produksi masal tersebut, karena kewenangan saya bukan pada RnD tetapi pada ranah Mengadakan Barang Untuk Pemerintah Dengan Kategori Barang Baik dan Dapat Dipertanggung Jawabkan Secara Dokumen dan Administrasi.
Jaman saiki ya kalau bekerja itu memang harusnya hati-hati, pahami batasannya pahami area kerjanya, dan pahami aturan mainnya.


Copas dari status saya di Facebook.
Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search